6 Kasus Tempat Wisata Berubah Jadi Abu Gara-Gara Puntung Rokok

0
4


Liputan6.com, Jakarta – Bentuknya kecil, tapi bila dibuang sembarangan, dampaknya besar. Tak jarang sejumlah tempat wisata nan cantik jadi korbannya. Itulah si bekas puntung rokok.

Puntung rokok yang dibuang sembarangan bisa mendatangkan masalah. Yang paling kentara, mengotori tempat wisata yang cantik alami hingga mengganggu kenyamanan pengunjung lain. Pada kasus yang lebih berat, puntung rokok yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan kebakaran hebat. 

Terhitung sudah banyak tempat wisata di Indonesia yang berubah jadi abu dalam sekejap hanya gara-gara orang tak bertanggung jawab membuang puntung rokok secara sembrono. Kasus terbaru adalah kebakaran yang melanda kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kebakaran di Kawah Putih terjadi sejak Senin, 7 Oktober 2019. Hingga dua hari berlalu, api belum juga padam secara tuntas lantaran daerah yang curam, terjal dan berangin. 

Walaupun hingga saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki, Supriyanto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, menduga kebakaran dipicu oleh puntung rokok. Luas wisata daerah Ciwidey yang terbakar kurang lebih telah mencapai 15 hektare dan kemungkinan bisa bertambah lima hektare lagi karena ada wilayah yang susah terjamah para pemadam kebakaran.

Kebakaran itu juga melahap Skywalk Cantigi, objek wisata terbaru di sana yang diresmikan beberapa bulan lalu. Akibat kebakaran itu, objek wisata Kawah Putih ditutup sementara sampai kondisi lebih kondusif dan aman bagi masyarakat. Penutupan itu juga menyebabkan para pedagang yang banyak menggantungkan hidup pada kunjungan wisata harus menutup usahanya sementara waktu.

Selain Kawah Putih, masih ada tempat lain yang mengalami kejadian serupa gara-gara puntung rokok. Liputan6.com merangkum lima lainnya dikutip dari sejumlah sumber.

 



>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here