Unik, Disdik Purwakarta Gelar Fashion Show Berbahan Limbah Plastik

0
9




INILAH, Purwakarta – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta membuat kegiatan unik. Sebagai bagian dari kampanye mengenai bahaya sampah plastik, instansi pemerintahan itu menggelar fashion show istimewa. Busana yang dikenakan dan dipamerkan itu didesain menggunakan limbah plastik.

Kepala Disdik Kabupaten Purwakarta Purwanto menuturkan, kegiatan ini sengaja digalakan untuk mengubah cara pandang masyarakat terutama pelajar dan guru mengenai sampah plastik. Salah satu upayanya, terus mendorong setiap sekolah untuk berinovasi mengubah sampah plastik jadi barang yang lebih bermanfaat.

“Sejak awal tahun ajaran baru, kami terus menggalakan kampanye mengenai bahaya sampah plastik. Bukan hanya soal ancaman bahayanya, tapi juga sekaligus kampanye soal pemanfaatannya,” ujar Purwanto, Jumat (16/8/2019).

Dia menjelaskan, output dari program ini minimal berimplikasi pada produksi sampah plastik. Sehingga, ke depan jumlahnya bisa ditekan. Tak hanya itu, dengan sedikit sentuhan sampah plastik itu bis menjadi lebih bermanfaat.

“Kita tanamkan dulu di sekolah. Setelah seluruh sekolah sudah berkomitmen baru kita turun untuk mengampanyekannya ke masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, sampah plastik saat ini sudah menjadi ancaman bagi sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, pada awal ajaran baru tahun ini pihaknya lebih menekankan supaya sekolah menerapkan pendidikan lingkungan. Salah satunya, dengan meminimalisasi produksi sampah plastik.

“Nanti para siswa ini bisa menjadi agen lingkungan. Minimalnya, untuk di sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka,” tambahnya.

Khusus mengenai kegiatan fashion show kali ini, Purwanto merinci ada 52 dari 108 SMP yang mengirimkan perwakilan muridnya. Para siswa yang mengenakan pakaian dari sampah plastik itu unjuk gigi menampilkan kreasinya.

“Nanti ada hadiah dari kita bagi mereka yang juara. Untuk penilaiannya ada dua. Yakni dari kreatif desain pakaiannya, juga dari likers terbanyak di medsos. Foto mereka akan kami posting di medsos, siapa yang menurut netizen paling menarik,” ujarnya. (Asep Mulyana)



>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here