Karsono Sower Janji Akan Kembangkan Desa Wisata

0
13


CALON Kepala Desa Klapagading Kulon, Karsono Al Sower.FOTO-FOTO ISTIMEWA
CALON Kepala Desa Klapagading Kulon, Karsono Al Sower.FOTO-FOTO ISTIMEWA

WANGON,SATELITPOST – Calon Kepala Desa Klapagading Kulon (incumbent) Karsono Al Sower yang mendapatkan nomor urut 2 dalam Pilkades mendatang mengatakan Desa Wisata telah menjadi salah satu tren pengembangan pariwisata di Banyumas,khususnya di Desa Klapagading Kulon. Tren ini merupakan respons positif terhadap motivasi baru dalam berwisata, terutama masyarakat yang ada di desa seperti Klapagading Kulon.

Menurut Karsono Al Sower yang sebelumnya menjabat Kepala Desa Klapagading Kulon  sejak 1 Agustus 2013 (2013-2019) ini, wisata tidak lagi dilakukan dengan berombongan, cukup kelompok kecil atau individual. Mereka rata-rata berminat pada kehidupan sehari-hari, hal-hal yang unik, dan bisa mendapatkan pengalaman baru yang berbeda.

“Untuk itulah dalam Pilkades Klapagading Kulon 2019, bila masyarakat kembali percaya untuk meneruskan pemerintahannya, selain pembangunan di bidang infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan ekonomi kerakyatan, desa wisata akan kami tingkatkan,” katanya.

Ditambahkan Karsono Al Sower, prinsip pengembangan desa wisata Klapagading Kulon bukan sebagai aspek yang terpisah-pisah, namun satu kesatuan (holistik). “Contohnya Kebun Jeruk Klapagading Kulon, pemancingan, dan sarana wisata lainnya yang akan segera direalisasikan. Sebab tujuan utamanya adalah membangun desa wisata yang menyejahterakan winisatawan atau masyarakat yang dikunjungi. Ini perlu keberlanjutan agar kesejahteraan juga berkelanjutan,” katanya.

Bahkan rencananya Calon Kepala Desa Klapagading Kulon Nomor Urut 2 yang telah berhasil menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai institusi tersebut bila terpilih akan memberi nama nama jalan dan gang secara resmi di Desa Klapagading Kulon. “Ini menjadi salah satu tujuan saya dan Pemerintah Desa Klapagading Kulon yang akan datang menjadi desa berwajah kota,”katanya.

Adapun pendekatan dalam pengembangan Desa Klapagading Kulon menjadi desa wisata, antara lain pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism), pariwisata berbasis eko wisata (eco tourism), dan pariwisata berbasis komunitas (community-based). Pendekatan lainnya wisata berbasis budaya desa (culture-based), wisata berbasis good tourism governance, pariwisata berbasis kesesuaian supply and demand, dan pengembangan wilayah desa (regional development).

“Nantinya saya akan menempatkan desa Klapagading Kulon sebagai desa wisata sebagai skala prioritas dari pendekatan yang ada, urutan bisa disusun dengan asumsi bahwa setiap basis penting, meskipun bobotnya berbeda,” katanya.(cro)



>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here